Simposium Internasional XVII

Manassa
0
Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara XVII

Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara XVII dilaksanakan oleh Manassa Cabang Riau bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 26-28 November 2018 di Auditorium Wan Ghalib Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru.

Tema

“Manuskrip dan Keragaman Budaya Nusantara”

Subtema

  1. Manuskrip dan Budaya Literasi Masyarakat. Subtema ini bertujuan untuk menegaskan bahwa keragaman bahasa dan aksara dalam manuskrip nusantara adalah bukti bahwa tingkat literasi masyarakat Nusantara sesungguhnya sudah sangat tinggi sejak berabad-abad lamanya; penegasan ini penting untuk mengubah persepsi umum bahwa masyarakat Nusantara baru ‘literate’ setelah kedatangan Kolonial.
  2. Manuskrip dan Tradisi-tradisi Lokal. Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan manuskrip-manuskrip yang bersinggungan dengan berbagai tradisi lokal yang masih hidup di kalangan masyarakat Nusantara, termasuk manuskrip yang selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah ritual keagamaan yang hadir di Nusantara.
  3. Manuskrip dan Transmisi Ilmu Pengetahuan. Subtema ini bertujuan untu mendiskusikan manuskrip sebagai wahana terpenting terjadinya transmisi ilmu pengetahuan secara tertulis dari generasi masa lalu ke generasi berikutnya hingga generasi masyarakat Nusantara hari ini; karenanya manuskrip penjadi semacam punggawa dalam merawat dan menjamin lestarinya pengetahuan yang dihasilkan oleh sebuah generasi tertentu di Nusantara.
  4. Manuskrip dan Keragaman Beragama. Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan manuskrip-manuskrip yang menjadi bukti telah terjadinya persentuhan dan dialog antara tradisi-tradisi agama yang berbeda-beda di Nusantara, termasuk manuskrip yang menunjukkan adanya akulturasi antara satu tradisi agama dengan tradisi agama lainnya.
  5. Konservasi dan Digitalisasi Manuskrip. Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan berbagai bentuk upaya penyelamatan manuskrip dari kepunahan, baik kepunahan yang disebabkan oleh peristiwa alam (seperti bencana, kebakaran, dan lain-lain), akibat ketidakpedulian manusia, maupun akibat ancaman dan dinamika sosial politik yang terjadi di masyarakat; subtema ini mencakup upaya penyelamatan yang dilakukan oleh para pemilik manuskrip sendiri.
  6. Manuskrip dan Media Sosial. Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan fenomena hadirnya beragam manuskrip kuno di ruang-ruang publik dunia maya, serta bagaimana keragaman dan kekunoan manuskrip itu didiskusikan oleh pembaca, baik dari kalangan pengkaji manuskrip maupun kalangan awam, termasuk oleh generasi milenial.
  7. Manuskrip dan Konseptualisasi Filologi Nusantara. Subtema ini bertujuan untuk memberi ruang perumusan konsep-konsep dan teoritisasi filologi yang khas Nusantara, termasuk mengidentifikasi nomenklatur dan istilah-istilah teknis filologi yang didasarkan pada Bahasa dan Budaya lokal Nusantara sendiri.
  8. Masyarakat Sadar Manuskrip. Subtema ini bertujuan untuk mendiskusikan peran perorangan, komunitas, dan masyarakat dalam penyelamatan naskah.
  9. Kajian Manuskrip dari berbagai Perspektif Keilmuan. Subtema ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi berbagai bidang ilmu dalam mengkaji naskah.
  10. Nilai-nilai Luhur dalam Manuskrip Melayu. Subtema ini disediakan secara khusus bagi peneliti yang ingin mengangkat nilai-nilai luhur dan pendidikan karakter dalam naskah Melayu. Nilai-nilai luhur tersebut dapat dikembangkan sebagai bagian dari kepribadian bangsa Indonesia.

Keynote Speaker

  1. Dr. Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
  2. Prof. Dr. Oman Fathurahman (Staf Ahli Menteri Agama RI)
  3. Datuk Seri Al Azhar (Ketua Majelis Kerapatan Adat Melayu Riau)

Pembicara Undangan

  1. Dr. Annabel Teh Gallop
  2. Prof. Dr. Jan van der Putten
  3. Prof. Dr. Edwin P. Wieringa
  4. Prof. Dr. Henri Chambert-Loir
  5. Dr. Azhar Ibrahim
  6. Prof. Madya Abdul Razak Ab Karim
  7. Prof. Dr. Uli Kozok
  8. Prof. Dr. Titik Pudjiastuti
  9. Prof. Dr. Agus Aris Munandar
  10. Prof. Dr. Susanto Zuhdi
  11. Dr. Sudibyo
  12. Dr. Munawar Holil
  13. Dr. Pramono

Tanggal Penting

  1. Batas Akhir Penerimaan Abstrak (24 Mei 2018)
  2. Pengumuman Makalah Terpilih (15 Juni 2018)
  3. Batas Akhir Pembayaran dan Penerimaan Makalah Lengkap (25 September 2018)
  4. Pelaksanaan Simposium Internasional Manassa XVII (26-28 November 2018)

Biaya Pendaftaran


Ketentuan Pembayaran Pendaftaran

  1. Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening Manassa di Bank BNI KC Pekanbaru, Nomor Rekening 0646-2633-19 (a/n Iik Idayanti).
  2. Konfirmasi & bukti pembayaran dikirim lewat email ke simposium.manassariau@gmail.com dan harus sudah sampai kepada Panitia paling lambat 1 (satu) bulan sebelum kegiatan Simposium dimulai.

Contact Person

  1. Dr. Junaidi (0812-7600-095)
  2. Iik Idayanti, M.Hum (0878-8865-2558)
  3. Fiqru Mafar, M.IP (0812-2775-8086)
  4. Jefrizal, M.Sn (0852-6598-7763)

Ketentuan Penulisan

- Jenis Tulisan

  1. Artikel hasil penelitian mengenai pernaskahan Nusantara
  2. Artikel merupakan karya asli, tidak terdapat penjiplakan (plagiarism), serta belum pernah ditebitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan

- Bentuk Naskah

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.
  2. Naskah tulisan dikirimkan dalam format Microsoft Word dengan panjang tulisan 5000-7000 kata.
  3. Menuliskan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebanyak 150 kata.
  4. Menyertakan kata kunci (keywords) dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebanyak 5-7 kata.

- Tata Cara Pengutipan

  1. Sistem pengutipan menggunakan gaya American Political Sciences Association (APSA).
  2. Penulis dianjurkan menggunakan aplikasi pengutipan standar seperti Zotero, Mendeley, atau Endnote.
  3. Sistem pengutipan menggunakan body note sedangkan catatan akhir digunakan untuk menuliskan keterangan-keterangan terkait artikel.

- Sistem Transliterasi

  1. Sistem alih aksara (transliterasi) yang digunakan merujuk pada pedoman Library of Congress (LOC).

- Identitas Penulis

  1. Penulis agar menyertakan nama lengkap penulis tanpa gelar akademik, afiliasi lembaga, serta alamat surat elektronik (email) aktif. Apabila penulis terdapat lebih dari satu orang, maka penyertaan identitas tersebut berlaku untuk penulis berikutnya.

- Pengiriman Naskah

  1. Abstrak dikirimkan melalui email: simposium.manassariau@gmail.com
  2. Bagi pemakalah terpilih, naskah tulisan (fullpaper) dikirimkan melalui email: simposium.manassariau@gmail.com.

- Penerbitan Naskah

  1. Tulisan terpilih akan diterbitkan pada jurnal Manuskripta. Manuskripta merupakan jurnal ilmiah yang terbit secara elektronik dan daring (online). Penulis akan mendapatkan kiriman jurnal dalam format PDF apabila tulisannya diterbitkan. Penulis diperkenankan untuk mendapatkan jurnal dalam edisi cetak dengan menghubungi email: jmanuskripta@gmail.com.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Oke!) #days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman anda. Check Now
Accept !