Semangat Anyar, Manassa Jabar Berkibar

Manassa
0
BERTEMPAT di Waroeng Café, Jalan Cibiru Indah VII No. 1, Kota Bandung, Sabtu (26/11/2022), digelar Gempungan Musyawarah Anggota Manassa Jabar 2022 dalam rangka Pemilihan Ketua Manassa Jabar 2022-2026. Acara yang diprakarsai oleh pengurus sebelumnya ini dibuka oleh Dr. Hj. Titin Nurhayati Ma’mun, M.S., Ketua Manassa Jabar 2018-2022. Gempungan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini cukup khidmat meski dikemas secara santai.

Suasana Musyawarah Anggota Manassa Jabar 2022

Pagi itu, sebelum pemilihan dimulai, sang pemilik café, yang tiada lain Ketua Manassa Jabar 2018-2022, Dr. Hj. Titin, terlebih dahulu menjamu para tamu. Atas sambutan yang hangat itu, anggota Manassa Jabar yang hadir tampak senang, yaitu: (1) Dra. Tien Wartini, (2) Dr. Hj. Titin Nurhayati Ma’mun, M.S., (3) Dr. Ade Kosasih, M.Ag., (4) Dr. Tedi Permadi, M.Hum., (5) Dr. Dedi Supriadi, M.Hum., (6) Dr. Hj. Cucu Suhartini, M.Hum., (7) Mamat Ruhimat, M.Hum., (8) Rahmat Sopian, M.Hum., Ph.D., (9) Ade Ahmad Suprianto, M.Hum., (10) Garini Gantina, M.Hum., (11) Asep Abdul Muhyi, M.Ag., (12) Riki Nawawi, M.Hum.

Setelah menikmati kudapan dimsum, mie gacoan, dan tahu sumedang, barulah acara yang dinanti-nantikan dimulai.

 
Ketua Manassa Jabar periode 2018-2022, Dr. Hj. Titin Nurhayati Ma’mun, M.S. memberi sambutan pada acara Musyawarah Anggota Manassa Jabar 2022 (Dra. Tien Wartini (Anggota Senior Manassa Jabar) (kiri) dan Dr. Hj. Titin Nurhayati Ma’mun, M.S. (kanan) (Ketua Manassa Jabar 2018-2022))
Ketua Manassa Jabar periode 2018-2022, Dr. Hj. Titin Nurhayati Ma’mun, M.S. memberi sambutan pada acara Musyawarah Anggota Manassa Jabar 2022 (Dra. Tien Wartini (Anggota Senior Manassa Jabar) (kiri) dan Dr. Hj. Titin Nurhayati Ma’mun, M.S. (kanan) (Ketua Manassa Jabar 2018-2022))


“Hatur nuhun kepada Bapak dan Ibu yang sudah berkenan menghadiri acara ini,” kata Dr. Hj. Titin.

Ia menambahkan Manassa Jabar harus disambung semangatnya dengan semangat yang anyar. Pengurus baru, imbuhnya, akan menambah kejayaan Manassa hari ini dan di masa yang akan datang. Organisasi profesi filolog ini lahir sebagai buah dari proses sesepuh tahun 1997. Keberhasilan Manassa Jabar bertahan hingga sekarang, kata Dr. Hj. Titin, karena organisasi ini benar-benar dibutuhkan untuk melestarikan pernaskahan yang ada di Jawa Barat.

Sebelumnya, sudah dilakukan penjaringan saran Ketua Manassa Jabar 2022-2026, Selasa, 21 Juni 2022. Upaya itu dilakukan untuk melihat gambaran calon yang akan dipilih pada saat gempungan atau musyawarah anggota. Setelah diterima, sejumlah anggota mengusulkan tiga nama, yaitu (1) Dr. Tedi Permadi, M.Hum., (2) Dr. Dedi Supriadi, M.Hum., dan (3) Rahmat Sopian, M.Hum., Ph.D. Pada saat gempungan berlangsung, ketiga kandidat menolak mencalonkan diri sebagai ketua. Meski demikian, atas pertimbangan Dr. Hj. Titin semua kandidat tetap diusungkan.

Tidak seperti Pemilu, tradisi pemilihan Ketua di Manassa Jabar cukup sederhana. Tanpa mengobral visi dan misi pun tetap jadi. Lalu, dengan secuir kertas HVS yang dibagi empat, proses tersebut tetap berjalan lancar dan khidmat. Setiap anggota yang hadir memiliki hak suara untuk memilih, termasuk calon ketua. Mereka berhak menuliskan nama calon yang dikehendaki. Setelah dihitung, hasilnya (1) Dr. Tedi Permadi, M.Hum. mendapatkan 3 suara, (2) Dr. Dedi Supriadi, M.Hum., mendapatkan 2 suara, dan (3) Rahmat Sopian, M.Hum., Ph.D. mendapatkan 7 suara.

Foto Bersama setelah Musyawarah Anggota Manassa Jabar 2022

“Alhamdulillah pemilihan sudah selesai. Selamat kami ucapkan kepada Saudara Rahmat Sopian, M.Hum., Ph.D. yang terpilih menjadi Ketua Manassa Jabar 2022-2026. Semoga semangat pengurus selanjutnya menambah kejayaan Manassa Jabar untuk lebih berkibar,” pangwilujeng atau ucapan selamat dari Dr. Hj. Titin, Ketua Manassa Jabar sebelumnya. *** (RN)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Oke!) #days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman anda. Check Now
Accept !