Manassa Menjajaki Kerja Sama dengan Universitas Leiden

Manassa
0


Jum'at, 14 Oktober 2022, Marije Plomp, subject librarian Southeast Asia, Leiden University Libraries (UBL), bersama staf KITLV-Jakarta mengunjungi Manassa di Universitas Indonesia, untuk berdiskusi dengan Manassa. Tujuan dari kunjungan ini untuk bertukar informasi terkait kegiatan perpustakaan, mulai dari digitalisasi naskah di Universitas Leiden, hingga peluang untuk kerja sama di bidang penelitian terhadap koleksi-koleksinya. Hadir dalam kegiatan ini Munawar Holil (Kang Mumu), Ketua Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa), dan Bapak Aditia Gunawan, Sekretaris Manassa, yang membahas terkait koleksi naskah yang ada di Perpustakaan Universitas Leiden.

Ibu Marije dan staf bersama Ketua Manassa dan Sekretaris. Dok: KITLV Jakarta.




Dikatakan Ibu Marije, bahwa saat ini terdapat beberapa skema yang dapat membantu para peneliti naskah agar bisa memanfaatkan dan meneliti naskah-naskah yang ada di Perpustakaan Leiden. Salah satunya adalah program Lingling Widhyadarma Scholarship, yang dapat dimanfaatkan para peneliti untuk mengkaji naskah koleksi Leiden selama tiga bulan.

Ibu Marije mengharapkan agar Manassa, yang memiliki Sumber Daya filolog Indonesia untuk membantu Perpustakaan Leiden dalam hal rekomendasi naskah-naskah mana saja yang perlu mendapatkan perhatian untuk didigitalisasi. Pemrioritasan ini merupakan langkah penting mengingat Perpustakaan Leiden memiliki budget yang terbatas dalam hal digitalisasi.

Ke depan, Manassa berharap bahwa Manassa dapat turut andil dalam memberikan rekomendasi peneliti-peneliti yang mumpuni di bidang naskah untuk dapat meneliti dan mengungkap naskah-naskah di Perpustakaan Leiden yang ribuan jumlahnya. (AG)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Oke!) #days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman anda. Check Now
Accept !