Seminar Nasional Naskah

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Juli 15, 2019

Seminar Nasional Naskah


Latar Belakang
Naskah klasik menyimpan nilai-nilai kearifan dan pemikiran intelektual pada masa lalu. Nilai-nilai tersebut menjadi pedoman hidup masyarakat Nusantara dalam berperilaku dan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat pada kehidupan beragama, berbahasa, bersastra, dan berbudaya. Selain itu, naskah klasik juga memberikan gambaran mengenai aspek kesejarahan pada masa lampau.

Berkaitan dengan hal di atas, perlu ada upaya untuk mengangkat nilai-nilai dan warisan intelektual yang terkandung dalam naskah-naskah klasik itu agar terbaca kembali oleh masyarakat luas masa kini. Nilai-nilai itu harus digalakkan dan disebarluaskan kepada masyarakat luas, terutama generasi milenial, untuk menguatkan identitas bangsa Indonesia pada era 4.0.

Hal ini perlu dilakukan dengan menggiatkan kajian naskah dalam berbagai disiplin ilmu, antara lain: agama, bahasa, sastra, budaya, dan sejarah. Sehubungan dengan alasan di atas, kiranya perlu dilaksanakan Seminar Nasional Naskah Nusantara untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut. Di dalam seminar ini akan diluncurkan buku karya Mahaguru Filologi, Prof. Dr. Achadiati, yang berjudul Pengantar Penelitian Filologi. Selain itu, akan ditampilkan pula demonstrasi pembuatan daluwang dan penulisan di atas lontar.

Tujuan
  1. Memberikan wadah dan kesempatan bagi para ahli naskah (filolog) Nusantara untuk membentangkan temuan-temuan terbaru dalam dunia filologi.
  2. Mengeksplorasi sumber-sumber informasi dalam naskah untuk dijadikan sebagai bahan rujukan dalam menjawab masalah-masalah  terkait agama, bahasa, sastra, budaya, dan sejarah.
  3. Membicarakan kemungkinan strategi ke depan untuk memperkenalkan teks dalam naskah kepada generasi milenial pada era 4.0 sebagai salah satu pilihan pembangunan karakter dan identitas bangsa. 
  4. Mendiskusikan konsep filologi sebagai alat bantu ilmu lain, dan sebaliknya

Tema Seminar
Naskah dalam Kajian Antardisiplin pada Era 4.0

Waktu dan Tempat
Simposium ini dilaksanakan oleh Laboratorium Filologi, Departemen Ilmu Susastra, FIB UI bekerja sama dengan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) FIB UI. Simposium akan diselenggarakan pada tanggal 5–6 November 2019 di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Depok.

Topik Seminar
  1. Naskah dan Kajian Bahasa
  2. Naskah dan Kajian Sastra
  3. Naskah dan Kajian Budaya
  4. Naskah dan Kajian Sejarah

Pembicara Utama
  1. Prof. Dr. Titik Pudjiastuti (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia)
  2. Prof. Dr. Oman Fathurahman (Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta & Staf Ahli Menteri Agama Republik Indonesia)
  3. Dr. Mu’jizah, M.Hum. (Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
  4. Dr. Sudibyo, M.Hum. (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada)

Peserta dan Pemakalah
Pemakalah dalam Seminar Nasional Naskah Nusantara ini terdiri atas para pakar, peneliti, pengkaji, dan pecinta naskah Nusantara, yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sejumlah pakar yang terkait dengan tema seminar ini akan diundang sebagai pemakalah dan ditentukan oleh panitia, sedangkan pemakalah lainnya akan diseleksi melalui undangan menulis makalah (call for papers).

Makalah
Makalah lengkap ditulis dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Abstrak terdiri dari 150—250 kata
  2. Makalah lengkap ditulis dalam 2500—3500 kata
  3. Pengutipan dan daftar pustaka menggunakan format APA

UNDUH KETENTUAN PENULISAN MAKALAH

Panitia akan menerima dan menyeleksi makalah, sejauh berkaitan dengan tema-tema yang telah dirumuskan. Makalah dapat dikirimkan melalui bit.ly/seminarnaskah2019 dan sudah harus diterima paling lambat tanggal 7 September 2019. Semua makalah yang masuk akan diseleksi oleh tim seleksi dan akan diumumkan hasilnya pada tanggal 21 September 2019. Semua makalah yang masuk akan diterbitkan dalam e-prosiding ber-ISSN.

Tanggal Penting
  1. 7 September 2019 (batas akhir penerimaan makalah lengkap)
  2. 21 September 2019 (pengumuman makalah diterima)
  3. 19 Oktober 2019 (batas akhir pembayaran serta batas akhir registrasi peserta dan pemakalah)

Fasilitas
Seminar kit, sertifikat, konsumsi selama seminar, e-prosiding, dan buku-buku kajian naskah

Biaya
Pemakalah
  1. Anggota Manassa Rp. 500.000,-
  2. Umum Rp. 600.000,-
  3. Mahasiswa S1 Rp. 300.000,-

Peserta Rp. 300.000,-

Pembayaran dilakukan melalui transfer ke rekening bank BNI 8929-199-902003-543 atas nama Penerimaan UKK PPKB. Pembayaran paling lambat dilakukan pada 19 Oktober 2019. Bukti pembayaran dikirimkan melalui bit.ly/seminarnaskah2019

Narahubung
  1. Dr. Mamlahatun Buduroh, M.Hum (0813-1736-8890)
  2. Fitria Sis Nariswari, M.Hum. (0856-4918-0457)
  3. Email : seminar.naskah2019@gmail.com
  4. Website : https://seminar.filologi-fibui.com/

UNDUH BROSUR

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage