Info Kegiatan Alih Aksara, Alih Bahasa, Saduran, dan Kajian Naskah

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Maret 03, 2019

Info Kegiatan Alih Aksara, Alih Bahasa, Saduran, dan Kajian Naskah

Info Kegiatan Alih Aksara, Alih Bahasa, Saduran, dan Kajian Naskah

Bapak/Ibu Anggota Manassa yang kami hormati,

Dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas penerbitan naskah Nusantara serta untuk memfasilitasi kegiatan penelitian berbasis naskah Nusantara oleh masyarakat luas, Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) mengundang Bapak/Ibu Anggota Manassa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ALIH AKSARA, ALIH BAHASA, SADURAN, DAN KAJIAN NASKAH NUSANTARA BERBASIS KOMPETISI yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) bekerja sama dengan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa). Berikut ini adalah informasi untuk kegiatan tersebut.

Kriteria Umum

  1. Penulis adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Karya tulis yang diajukan adalah karya sendiri (atau karya tim), bukan hasil penelitian orang lain (dibuktikan dengan surat pernyataan bebas plagiarisme yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000)
  3. Karya tulis belum pernah dipublikasikan secara luas dalam bentuk monograf.
  4. Penelitian dapat berasal dari Skripsi, Tesis atau Penelitian Mandiri yang diubah-suaikan dengan kebutuhan dalam penerbitan ini.
  5. Penelitian individu diutamakan. Jika karya tulis dilakukan lebih dari satu orang, honorarium hanya diberikan kepada penulis pertama.
  6. Penulis atau tim penulis dapat mengirimkan karya tulis lebih dari satu.
  7. Karya yang diajukan menjadi milik Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Nasional berhak untuk menerbitkan naskah karya tulis dalam bentuk tercetak maupun elektronik.
  8. Hasil Karya Tulis yang terseleksi akan diterbitkan pada tahun 2019 oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bekerja sama dengan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) dalam penerbitan berseri.
  9. Buku yang telah diterbitkan tidak diperjualbelikan.

Jenis Karya Tulis

  1. Alih aksara
  2. Alih bahasa
  3. Saduran
  4. Kajian

Penganggaran

Penganggaran kegiatan Alih aksara, alih bahasa, saduran, dan kajian berbasis kompetisi adalah sebagai berikut:

  1. Penganggaran seluruhnya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perpustakaan Nasional tahun 2019.
  2. Besaran biaya yang diberikan disesuaikan dengan jumlah dan jenis karya tulis yang telah diseleksi. Jumlah dana apresiasi maksimal (belum termasuk pajak) masing-masing karya tulis dapat dilihat pada tabel berikut. Hak penulis secara spesifik ditentukan dalam kontrak penerbitan.


Mekanisme Pengajuan

Tata Cara
  1. Pemohon mengirimkan karya tulis dalam 2 (dua) format, yaitu format microsoft word (doc atau docx) dan PDF dengan format penamaan berkas sebagai berikut:
  2. NAMA_JUDUL(singkat)_JENISKARYATULIS(alihaksara/alihbahasa/saduran/kajian).
  3. Identitas penulis atau tim penulis (curiculum vitae), surat pernyataan bebas plagiarisme, dan kartu identitas, dikirimkan melalui berkas terpisah dalam satu berkas pdf. Format surat-surat terdapat dalam lampiran.
  4. Naskah karya tulis dan lampiran (lihat no.2 di atas) dikirim kepada panitia melalui email: penerbitannaskah@perpusnas.go.id
  5. Naskah karya tulis akan diseleksi oleh Tim Seleksi.
  6. Peserta yang lolos hasil seleksi akan dihubungi oleh panitia melalui e-mail.
  7. Peserta yang lolos seleksi menandatangani kontrak kerja sama penerbitan dengan penerbit (Perpustakaan Nasional).
  8. Karya tulis yang dinyatakan lolos seleksi akan melalui proses suntingan bahasa dan tata letak oleh Tim yang ditunjuk Perpusnas.
  9. Penerbitan Karya Tulis.
  10. Hak Penerbitan secara ekslusif ada pada Perpusnas. Perpusnas memiliki kebijakan untuk melepaskan hak penerbitana pada penerbit lain setelah satu tahun. Penulis diijinkan untuk menerbitkan karya tulis di penerbit komersial dengan ijin Perpustakaan Nasional. Keterangan lebih lanjut terdapat dalam kontrak kerja sama penerbitan

Penjadwalan
  1. Batas waktu pengiriman karya tulis: 15 April 2019
  2. Pengumuman seleksi karya tulis: 1 Mei 2019
  3. Penyerahan berkas surat perjanjian: 14 Mei 2019
  4. Proses suntingan bahasa, perwajahan, dan cetak: Mei-September 2019
  5. Peluncuran Buku: Oktober 2019 (tentatif)
  6. Petunjuk lebih rinci dapat dilihat dalam Petunjuk Teknis

File Terkait

  1. Leaflet Alih Aksara
  2. Petunjuk Teknis Alihaksara dsb (2019)

Kami menyambut baik sumbangan dan kontribusi penelitian Bapak/Ibu Anggota Manassa untuk menyukseskan kegiatan ini untuk menunjang perkembangan ilmu di bidang pernaskahan Nusantara.

Salam Pernaskahan

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage