Wawacan Samun: Suntingan Teks dan Terjemahan Disertai Analisis Genre Sastra

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

November 28, 2017

Wawacan Samun: Suntingan Teks dan Terjemahan Disertai Analisis Genre Sastra

Wawacan Samun: Suntingan Teks dan Terjemahan Disertai Analisis Genre Sastra

Munawar Holil

Dalam penelitiannya, Munawar Holil membahas teks Wawacan Samun (WS): sebuah teks ber-genre wawacan yang terkandung dalam naskah berbahasa Sunda. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah menyajikan suntingan teks dan terjemahan teks WS dalam bahasa Indonesia, mengetahui perbedaan teks yang diproduksi di skriptorium yang berbeda, serta menunjukkan tegangan antara konvensi dan kreasi dalam teks. Untuk mencapai tujuan itu digunakan teori filologi dan sastra.

Berdasarkan telaah filologi dan sastra yang digunakan dalam membedah objek kajiannya diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Dari lima naskah yang mengandung teks WS ditemukan dua versi cerita, yaitu versi skriptorium pesantren dan versi skriptorium kabupaten. Naskah yang diproduksi di kedua skriptorium itu memperlihatkan penggunaan bahasa dan tema cerita yang berbeda. Naskah pesantren banyak menggunakan ungkapan dan peribahasa serta interferensi kata-kata yang berasal dari bahasa Arab, sedangkan naskah dari kabupaten dominan dengan interferensi kata-kata yang berasal dari bahasa Melayu serta banyak menggunakan gaya bahasa langsung tanpa menggunakan ungkapan dan peribahasa. Dalam hal tema, naskah pesantren mengandung tema cerita: “upaya menyebarkan agama Islam” atau “proses Islamisasi”, sedangkan naskah kabupaten bertema “kebaikan, kesabaran, dan kerja keras merupakan sifat dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang calon pemimpin”. Dalam hal tegangan antara konvensi dan kreasi tampak bahwa para penyalin teks WS masih mengikuti konvensi penulisan metrum pupuh yang konvensional walaupun banyak ditemukan kekeliruan. Kreasi yang dilakukan para penyalin teks WS difokuskan dalam penggarapan aspek naratif. Suntingan teks dan terjemahan menggunakan versi pesantren yang diwakili naskah SD 26 koleksi Perpustakaan Nasional RI.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage