Kursus Filologi Internasional

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

November 09, 2017

Kursus Filologi Internasional

Kursus Filologi Internasional

Kegiatan bertajuk “Kursus Filologi Internasional” telah diselenggarakan pada tanggal 5-12 Desember 2016. Kursus ini diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Susastra Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI (FIB UI) bekerja sama dengan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa).

Ide penyelenggaraan kegiatan ini bermula ketika Prof. Dr. Titik Pudjiastuti menjadi salah seorang pembicara dalam sebuah Seminar Internasional di Kuala Lumpur, Malaysia, pada September 2016. Prof. Titik dikontak salah seorang pejabat di lingkungan Dewan Bahasa dan Pustaka (DBP) Malaysia dan memintanya untuk mengadakan kursus intensif filologi untuk beberapa orang peneliti DBP.

Setelah kembali ke kampusnya, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, Prof. Titik membicarakan tawaran itu dengan Departemen Ilmu Susastra FIBUI dan Manassa. Karena waktu dan pesertanya sangat terbatas, maka diputuskan bahwa penyelenggaraan kursus tersebut hanya melibatkan tiga orang pengajar Departemen Ilmu Susastra FIBUI saja. Kursus diselenggarakan di dua tempat: teori diberikan di kampus FIBUI, sedangkan praktik dilakukan di Ruang Naskah Perpustakaan Nasional RI.

Kursus filologi ini akhirnya dapat diselenggarakan dengan lancar. Pada tanggal 5-7 Desember 2016 diberikan kuliah mengenai hal-hal dasar teori filologi, sedangkan pada tanggal 8-9 Desember 2016 peserta kursus yang berjumlah 6 orang itu diajak melihat naskah dan mendiskusikannya. Pada 10-11 Desember 2016 peserta kursus diajak mengunjungi Museum Nasional dan Museum Bayt al-Quran, Jakarta.

Mudah-mudahan kursus filologi semacam ini dapat dilaksanakan pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan waktu yang lebih lama.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage