Festival Naskah Nusantara III

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

November 22, 2017

Festival Naskah Nusantara III

Festival Naskah Nusantara III

“Naskah Kuno Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan dan Peradaban Nusantara: Meneguhkan Kebhinekaan dan Memperkuat Restorasi Sosial”

Perpustakaan Nasional, bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret dan Masyarakat Pernaskahan Nusantara menyelenggarakan kegiatan Festival Naskah Nusantara III, yang mengambil tema “Naskah Kuno sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan dan Peradaban Nusantara: Meneguhkan Kebhinekaan dan Memperkuat Restorasi Sosial”. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 25-29 September 2017 di Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta yang merupakan peserta Seminar Internasional Pernaskahan Nusantara, Workshop, Pameran dan Talkshow serta dihadiri dari pelbagai kalangan, komunitas, mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum.

Festival Naskah Nusantara III diisi kegiatan Pameran Naskah Nusantara dengan peserta sebanyak 23 institusi dan perorangan antara lain: Perpusnas, Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Surakarta Hadiningrat, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Pura Mangkunegaran, Museum Ranggawarsita, Museum Kambang Putih, Museum Radya pustaka, Perpustakaan UN, Javanologi UNS, Museum UNS, Yayasan Sastra Lestari, dan Naskah Kuno Koleksi Pribadi Erwin Rosyidi.

Selain Pameran, diselenggarakan juga Workshop tentang Konservasi dan Digitalisasi naskah, Workshop tentang Wayang Beber dari bahan kertas Daluang oleh Faris Wibisono dan pembuatan kertas daluang, Workshop tentang karya Seni Rupa Aksara Nusantara berbahan daluang oleh Edi Dolan, Workshop tentang Ramalan berdasarkan naskah Nusantara, dan Workshop tentang Aksara Nusantara berbasis multimedia oleh Eka Noviana.

Selain itu juga diselenggarakan Bedah Buku dan Talkshow tanggal 27 September 2017 di Auditorium UNS, yaitu bedah buku “Sisi Lain Diponegoro: Babad Kedung Kebo dan Historiografi Perang Jawa” dan “Negara dan Kekuasaan di Jawa, Abad ke XIV & XIX” dengan narasumber Prof. Dr. Peter Carey dan pembahas Dr. Sri Ratna Saktimulya, M.Hum dan Prof. Hermanu Joebagio.

Turut memeriahkan Talkshow “Naskah Kuno dalam Perspektif Pustakawan, Pegiat Literasi, Sastrawan, Seniman dan Penyair” dengan Narasumber Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono, Dr. Rahmadi, M.Hum, Dr. Firman Hadiansyah, Sosiawan Leaq, dan Drs. Bimo dan dimoderatori oleh Dr. Munawar Holil, M. Hum.

Acara inti, Seminar Internasional Pernaskahan Nusantara diselenggarakan dari tanggal 25-26 September 2017 yang bertempat di UNS INN menampilkan 65 pembicara dari dalam dan luar negeri, yang membahas topik sebagai berikut:
  1. Hukum dalam Naskah Nusantara
  2. Filsafat dalam Naskah Nusantara
  3. Teks-teks Keagamaan dalam Naskah Nusantara
  4. Sejarah dan Historiografi dalam Naskah Nusantara
  5. Pengetahuan dan Teknologi Maritim dalam Naskah Nusantara
  6. Jaringan Perdagangan Internasional dalam Naskah Nusantara
  7. Ramalan dan Penanggalan dalam Naskah Nusantara
  8. Pengobatan Tradisional dalam Naskah Nusantara
  9. Arsitektur dalam Naskah Nusantara
  10. Naskah Nusantara dan Industri Kreatif
  11. Wastra dan Boga dalam Naskah Nusantara
  12. Naskah Nusantara dan Ingatan Kolektif Nasional
  13. Transformasi naskah dalam Ekspresi Seni
  14. Filologi Pertunjukan
  15. Digitalisasi Naskah Nusantara dan problematikanya

Seminar ini menghadirkan para pembicara, antara lain: Dra. Gusti Kanjeng Ratu Koes Moertiyah Wandansari, M.Pd., Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro, Prof. Dr. Agus Aris Munandar, Prof. Dr. Susanto Zuhdi, Prof. Dr. Titik Pudjiastuti, Prof. Dr. Sahid Teguh Widodo, Prof. Dr. Bani Sudardi, Prof. Dr. Andrew Peacock, Prof. Dr. Peter Carey, Dr. Annabel Teh Gallop, Dr. Pramono, M. Hum., Dr. Ali Akbar, Dr. Sri Ratna Saktimulya, M.Hum., Dr. Tedi Permadi, M.Hum., Dr. Susanto, M.Hum, Dr. Mochamad Rochmadi, M.Hum, Drs. Ahmad Masykuri, S.S., M.M., Dra. Sri Sumekar, M.Si,.Fadly Rahman, M.A., Prapto Yuwono, M.Hum dan John Paterson.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage