Bedah Buku Naskah-Naskah Skriptorium Pakualaman: Periode Paku Alam II (1830-1858)

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

November 16, 2017

Bedah Buku Naskah-Naskah Skriptorium Pakualaman: Periode Paku Alam II (1830-1858)

Bedah Buku Naskah-Naskah Skriptorium Pakualaman: Periode Paku Alam II (1830-1858)

Kegiatan “Bedah Buku Naskah-Naskah Skriptorium Pakualaman: Periode Paku Alam II (1830-1858) karya Sri Ratna Saktimulya telah diselenggarakan pada hari Jumat, 31 Maret 2017 di Auditorium Gedung I Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Kampus UI, Depok. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerja sama tiga lembaga, yaitu Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya FIB UI (PPKB-FIB UI), Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa), dan Bhakti Muda Hudyana (BMH) Jakarta.

Yang tampil sebagai pembahas buku ini adalah tiga orang pakar di bidangnya masing-masing, yaitu Prof. Dr. Peter Carey (sejarawan yang saat ini menjadi adjunct professor di FIB UI), Dr. Mu'jizah (kodikolog sekaligus filolog, seorang peneliti senior di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), dan Tommy Christommy, Ph.D. (seorang pakar semiotika yang juga menggeluti bidang pernaskahan). Yang bertindak sebagai moderator acara bedah buku ini adalah Dr. Munawar Holil (Ketua Umum Manassa).

Kegiatan bedah buku ini ternyata berhasil menarik minat khalayak untuk hadir. Kurang lebih 150 orang menghadiri acara bedah buku ini. Yang hadir dalam acara ini tidak hanya mahasiswa/i dan dosen FIB UI, tetapi juga beberapa undangan yang berdomisili di wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) dan ada juga yang berdomisili di luar wilayah itu. Hadir juga dalam acara ini dari pihak Dekanat FIB UI, Prof. Dr. Harimurti Kridalaksana, dan sesepuh dari Pura Pakualaman Yogyakarta.

Acara yang dimulai pukul 14.00 wib ini berlangsung menarik dan berhasil “memaksa” peserta tetap bertahan di tempat duduknya masing-masing sampai kegiatan berakhir pukul 17.00 wib Acara ditutup dengan beramah-tamah sambil menikmati hidangan yang disediakan panitia.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage