Audiensi Pengurus Pusat Manassa dengan Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa RI

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

November 10, 2017

Audiensi Pengurus Pusat Manassa dengan Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa RI

Audiensi Pengurus Pusat Manassa dengan Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa RI

Senin, 19 Desember 2016, Pengurus Pusat MANASSA mengadakan audiensi dengan Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa RI, Prof. Dr. Dadang Sunendar. Acara berlangsung di kantor yang juga dikenal sebagai Badan Bahasa itu, yaitu di Jalan Daksinapati Barat 4, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Pengurus MANASSA yang turut hadir pada kegiatan kunjungan resmi itu adalah Dr. Munawar Holil (Ketum), Dr. M. Adib Misbahul Islam (Sekretaris I), Dr. I Made Suparta (Bidang Penelitian dan Pengembangan), dan Aditia Gunawan, M.A. (Koordinator Bidang Publikasi dan Penerbitan).

Kepala Badan Bahasa, Prof. Dr. Dadang Sunendar, menyambut positif kunjungan resmi Manassa itu. Setelah Jalan Daksinapati Barat 4, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur. pihak Manassa menjelaskan secara singkat mengenai sejarah dan program kerja Manassa, Prof. Dadang mengatakan adanya kemungkinan memperkuat kerja sama Badan Bahasa dan Manassa di bidang penelitian, konservasi, dan revitalisasi bahasa dan sastra daerah. Sementara itu, Dr. Mujizah, peneliti senior Badan Bahasa, menambahkan bahwa perlu diadakannya pelatihan filologi dan digitalisasi untuk meningkatkan SDM di lingkungan Badan Bahasa dan balai bahasa di seluruh Indonesia. Mujizah mengatakan bahwa para peneliti di lingkungan Badan Bahasa tidak banyak yang yang memiliki keahlian di bidang pernaskahan, padahal bidang filologi ini sangat diperlukan di lingkungan Badan Bahasa. Oleh sebab itu, menurutnya, perlu diselenggarakan pelatihan atau kursus filologi bagi para peneliti di lingkungan Badan Bahasa. Pelatihan itu dapat dilakukan dengan melibatkan Manassa yang memiliki banyak SDM yang mumpuni di bidang pernaskahan Nusantara.

Sambutan positif dari pihak Badan Bahasa itu perlu direspon dengan segera oleh Manassa. Perlu tindak lanjut yang lebih konkret agar apa yang telah disepakati dalam audiensi itu dapat terealisasi dengan segera. Semoga.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage