Telah Terbit

Manassa
0


Jalan Sunyi Filolog: Merangkai Kisah Menimba Hikmah
Penerbit: Penerbit Manassa
Tahun: 2023
Editor: Agus Iswanto, Aditia Gunawan, Hazmirullah
Jumlah halaman: xvi+170 hlm.

Buku berjudul Jalan Sunyi Filologi: Merangkai Kisah Menimba Hikmah bermula dari obrolan ringan beberapa anggota Manassa dan pihak Perpustakaan Nasional RI (selanjutnya: Perpusnas) mengenai perlunya berbagi pengalaman dalam hal melakukan penelitian naskah dari para pengkaji naskah yang tergabung dalam Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa). Berbagi pengalaman dari para pakar dunia pernaskahan ini diperlukan agar masyarakat umum lebih memahami cara kerja penelitian naskah serta mengetahui bagaimana tantangan yang dihadapi dalam mengkaji naskah.



Fungsi, Jejaring, & Budaya Naskah Nusantara Merawat Tradisi Nusantara melalui Manuskrip Digital

Penerbit: Manassa
Tahun terbit: 2023
Editor: Abdullah Maulani, Muhammad Nida' Fadlan, Lilis Shofiyanti, Ilham Nurwansah
Jumlah Halaman: xii+299


Buku ini adalah sekumpulan artikel yang ditulis oleh para mahasiswa pascasarjana dari berbagai kampus di Indonesia yang memiliki ketertarikan terhadap kajian manuskrip di Indonesia. Para peneliti muda ini secara khusus direkrut dalam sebuah program bernama “Dreamsea Student Research” yang dilaksanakan sejak Agustus hingga Desember 2022. Kelahiran buku ini menjadi tren baru yang dirintis oleh Dreamsea dan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (MANASSA) bahwa proyek digitalisasi manuskrip juga harus sejalan dengan upaya pemanfaatannya yang lebih luas di kalangan masyarakat.




Dari Ritual ke Digital Catatan Penyelamatan dan Digitalisasi Manuskrip Asia Tenggara

Penerbit: Penerbit Manassa
Tahun terbit: 2023
Editor: Abdullah Maulani, Muhammad Nida' Fadlan, Lilis Shofiyanti, Ilham Nurwansah
Jumlah Halaman: xii+340

Buku ini merupakan catatan-catatan yang direkam oleh para peneliti manuskrip selama bekerja sama dalam program penyelamatan naskah Digital Repository of Endangered and Affected Manuscripts in Southeast Asia (DREAMSEA) yang diinisiasi oleh Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Center for Study of Manuscript Cultures (CSMC) Universitat Hamburg dan didukung penuh oleh Arcadia Foundation selama rentang waktu 2018 hingga 2022. 

Tidak hanya menyelamatkan ribuan manuskrip di seluruh penjuru Asia Tenggara melalui digitalisasi, tim DREAMSEA juga merekam beragam ritual dan tradisi masyarakat seputar yang melibatkan manuskrip di dalamnya dengan tujuan memberikan gambaran utuh bagaimana manuskrip menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Asia Tenggara dan senantiasa relevan dari masa ke masa.


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Oke!) #days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman anda. Check Now
Accept !