Program Kerja

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Oktober 06, 2017

Program Kerja

Program Kerja

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan pada Jumat (18/11/16) di Ruang Rapat Gedung D Lt. 4 Perpustakaan Nasional RI, Pengurus Harian Manassa Pusat (2016-2020) membahas enam pokok pembicaraan terkait dengan program kerja organisasi: (1) Pembenahan Organisasi dan Keanggotaan, (2) Simposium dan Seminar, (3) Penelitian dan Pengembangan, (4) Pendidikan dan Pelatihan, (5) Publikasi dan Penerbitan, (6) Kerjasama Kelembagaan.

Rakor dihadiri oleh Munawar Holil (Ketum), Dedi Supriadi (Ketua I), Pitria Dara (Sekretaris II), Priscillia F. Limbong (Bendahara), Mahrus eL-Mawa (Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan), Agung Kriswanto (Bidang Pendidikan dan Pelatihan), Sri Sumekar (Bidang Pendidikan dan Pelatihan), Tedi Permadi (Bidang Pendidikan dan Pelatihan), I Made Suparta (Bidang Penelitian dan Pengembangan), Aditia Gunawan (Koordinator Bidang Publikasi dan Penerbitan), M. Nida Fadlan (Bidang Publikasi dan Penerbitan), Titiek Kismiyati (Koordinator Bidang Kerjasama Kelembagaan), Alfan Firmanto (Bidang Kerjasama Kelembagaan), dan Teguh Purwanto (Bidang Kerjasama Kelembagaan).

Pembenahan Organisasi dan Keanggotaan
Membentuk Tim Ad-Hoc yang akan membahas dan meninjau ulang AD/ART Manassa agar landasan organisasi Manassa semakin kokoh. Selain itu, disepakati juga untuk melakukan pemutihan keanggotaan dan penyesuaian iuran wajib anggota Manassa.

Simposium dan Seminar
Penyelenggaraan Simposium Internasional Manassa Ke-17 (tahun 2018) yang akan diselenggarakan oleh Manassa Cabang Riau dengan dukungan berbagai pihak, termasuk Perpustakaan Nasional RI. Selain itu, dibahas pula rencana untuk melakukan Konferensi Internasional di Medan (tahun 2017) yang merupakan kolaborasi Manassa dengan HISKI (Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia) dan ATL (Asosiasi Tradisi Lisan).

Penelitian dan Pengembangan
Melakukan penelitian bersama di antara sesama anggota Manassa dengan topik penelitian tertentu yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya, “Cerita (Nabi) Yusuf” yang terdapat dalam kesusastraan Bali, Jawa, Lombok, Melayu, Sunda, dan mungkin kesusastraan lainnya di Nusantara. Selain itu, muncul juga gagasan untuk menyediakan database hasil penelitian para anggota Manassa yang dapat diakses oleh para peneliti naskah.

Pendidikan dan Pelatihan
Mengadakan berbagai pelatihan atau workshop bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI atau lembaga lain. Misalnya Workshop Konservasi Naskah, Workshop Digitalisasi Naskah. Selain itu, muncul rencana untuk mengadakan diskusi rutin dua bulanan di Perpustakaan Nasional RI mengenai berbagai topik yang berkaitan dengan penelitian naskah Nusantara.

Publikasi dan Penerbitan
Mengelola Jurnal Manuskripta secara lebih serius agar dalam waktu 2-3 tahun ke depan menjadi jurnal terakreditasi (internasional). Selain jurnal, direncanakan untuk menerbitkan kembali newsletter (buletin) Berita Manassa. Terakhir, direncanakan juga untuk menerbitkan hasil-hasil penelitian berupa alihaksara, terjemahan, dan disertasi yang berbasis naskah bekerja sama dengan pihak lain, misalnya dengan Perpustakaan Nasional RI.

Kerjasama Kelembagaan
Mengoptimalkan MoU yang telah dibuat Manassa dengan lembaga lain dan menjajagi kemungkinan melakukan kerja sama dengan instansi lain, seperti Kementerian Agama dan Kemendikbud, dalam hal pemberian beasiswa dan lain-lain.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage