Program Kerja

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Oktober 06, 2017

Program Kerja




Program-program Manassa mencerminkan upaya-upaya pemajuan segala aspek yang terkait dengan pernaskahan Nusantara, baik dari sisi akademis, preservasi naskah sebagai benda budaya, maupun memastikan masyarakat pemilik kebudayaan naskah semakin sadar akan pentingnya warisan leluhur ini. Kesuksesan program Manassa tidak dapat dilepaskan dari kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai stake-holder, seperti pemerintah, museum, perpustakaan, perguruan tinggi, pemilik manuskrip, dan masyarakat pemiliknya. 


Visi, Misi, dan Tujuan


Manassa memiliki visi "Memelihara, Melestarikan, Meneliti, dan Memanfaatkan Naskah-naskah Nusantara". Visi tersebut diarahkan untuk mewujudkan sebuah misi, yakni: "Menjaga masa lalu untuk mencerahkan masa depan". Dengan demikian, misi dan tujuan Manassa adalah untuk:
  1. Menyalurkan aspirasi dan kegiatan dalam bidang pengajaran, penelitian, konservasi, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan dunia pernaskahan;
  2. Menghimpun peminat dan pecinta naskah-naskah Nusantara;
  3. Membina, mengembangkan, dan meningkatkan pengajaran, penelitian, serta publikasi naskah-naskah Nusantara demi mengungkapkan kekayaan budaya bangsa;
  4. Mengembangkan pendekatan dan metode kajian naskah Nusantara; Mengungkapkan dan mengkaji kandungan isi naskah dan menyebarluaskan hasilnya guna memberikan sumbangan bagi pembentukan kebudayaan dan jati diri bangsa.

Bidang Perkumpulan

Bidang perkumpulan Manassa berfungsi untuk menjamin keberlangsungan organisasi Manassa Pusat dan daerah, meningkatkan rasa memiliki setiap anggota terhadap organisasi Manassa. Program utama dalam bidang perkumpulan adalah mengelola keanggotaan Manassa dan pembentukan komisariat-komisariat baru di berbagai instansi dan lembaga di Indonesia. 

Bidang Penelitian

Bidang Penelitian Manassa berupaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di bidang pernaskahan Nusantara di Indonesia melalui kerja sama dengan berbagai stakeholder. Bidang penelitiaan juga memiliki program antara lain: (1) menciptakan database hasil penelitian naskah Nusantara yang mudah diakses, (2) penelitian bersama (kolaboratif) antaranggota/komisariat Manassa.

Publikasi dan Penerbitan

Bidang Publikasi dan Penerbitan Manassa berupaya memastikan publikasi-publikasi terkait pernaskahan Nusantara dapat tersebar luas di masyarakat melalui berbagai platform Manassa dan media konvensional mitra Manassa. Penerbitan Manassa memfasilitasi penerbitan-penerbitan buku (cetak dan elektronik) yang dilakukan oleh para anggota dan filolog di Indonesia. Program-program di bidang publikasi dan penerbitan antara lain: (1) penerbitan rutin Jurnal Manuskripta dan peningkatan kualitas jurnal ilmiah, (2) menerbitkan Seri Penerbitan buku oleh Penerbit MANASSA, (3) Bedah buku/ Diskusi buku terkait naskah, dan (4) mempublikasikan tulisan-tulisan populer terkait pernaskahan secara reguler di website MANASSA.

Bidang Preservasi 

Bidang Preservasi merupakan bidang baru di Manassa. Bidang preservasi berupaya untuk meningkatkan usaha-usaha pelestarian naskah yang masih dirasakan minim dan memerlukan biaya mahal melalui kerja sama baik nasional maupun internasional. Bidang preservasi juga bertugas untuk membantu dan memberikan advokasi kepada masyarakat pemilik naskah Nusantara dalam merawat dan melestarikan naskah-naskah Nusantara melalui program Pendampingan Restorasi Naskah Masyarakat (Pranaya). Bidang Preservasi naskah juga berencana untuk menggelar perhelatan International Manuscripts Preservation Course (IMPC) yang akan diikuti oleh berbagai pakar di bidang pelestarian naskah.

Bidang Pendidikan dan Advokasi

Program-program di bidang Pendidikan dan Advokasi Manassa bertujuan untuk menciptakan para peneliti naskah Nusantara yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, memberikan pengetahuan baru di bidang ilmu yang terkait dengan pernaskahan Nusantara, bukan hanya kepada akademisi tetapi pemilik dan terutama generasi muda. Bidang ini memiliki program kerja: (1) Diklat Filologi dan ilmu-ilmu terkait, (2) Diklat Preservasi Naskah, dan (3) program Manassa Masuk Kampus.

Bidang Pengembangan SDM

Bidang Pengembangan SDM bertujuan menciptakan filolog atau peneliti naskah, baik anggota Manassa maupun masyarakat umum, yang tersertifikasi dalam jumlah yang memadai dan merata di seluruh Indonesia. Untuk merealisasikan hal ini, Bidang Pengembangan SDM akan menyelenggarakan pelatihan sertifikasi filolog dan menyediakan database peneliti naskah yang terpercaya. 

Bidang Dana dan Kerja Sama

Bidang Dana dan Kerja Sama memastikan kerja sama Manassa dengan berbagai stakeholder lebih berkembang dan produktif. Selain dengan kementrian dan lembaga yang sudah menjalin kerja sama selama ini, seperti Perpusnas, Kementrian Agama, Kemendikbudristek dan lain-lain, Manassa juga membuka kerja sama dengan berbagai media seperti Metro TV, DAAI Tv, Pikiran Rakyat, Kompas, dan berbagai lembaga internasional yang concern terhadap pernaskahan Nusantara. Bidang kerja sama juga berusaha agar setiap kegiatan Manassa berdampak luas dan melibatkan berbagai pihak di luar Manassa.

Bidang Promosi dan Branding

Bidang Promosi dan Branding bertujuan untuk mengarus-utamakan isu pernaskahan Nusantara dan Manassa sebagai organisasi profesi terdepan di bidang pernaskahan di Indonesia melalui optimalisasi konten berbagai platform Manassa. Selain itu, bidang ini menciptakan berbagai karya-karya kreatif berbasis naskah Nusantara agar lebih diminati generasi muda dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di bidang pernaskahan secara populer dan menyentuh berbagai karangan. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage